Manfaat Lidah Buaya

.

Manfaat Lidah Buaya dan Kandungannya

Manfaat Lidah Buaya - Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat serta manfaat bagi manusia. Tanaman tersebut sudah digunakan untuk berbagai haldari jaman dahulu, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi, lidah buaya dimanfaatkan untuk diolah menjadi beberapa produk kesehatan bagi manusia. 

Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera)

Tanaman Lidah Buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Tanaman Lidah Buaya
memiliki beragam jenis. Setidaknya ada sekitar 200 jenis Tanaman Lidah Buaya yang telah diketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari 72 zat tersebut terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya

Berikut ini adalah 10 manfaat lidah buaya secara umum :

1. Detoksifikasi. Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami, tetapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.

2. Gangguan pencernaan. Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.

3. Kesehatan mulut. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.

4. Perawatan kulit. Fungsinya juga menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit.

5. Diabetes. Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.

6. Membantu gerakan usus. Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat.

7. Menjaga berat badan. Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.

8. Kekebalan. Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Luka bakar. Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.

10. Ketombe. Lidah buaya dapat membantu mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.

Jika anda memiliki tanaman lidah buaya, anda sangat beruntung karena dapat memanfaatkannya sebagai mana yang saya paparkan di atas. Terimakasih telah berkunjung ke Blog saya, dan semoga artikel ini bermanfaat serta dapat memberikan inspirasi bagi anda untuk selalu memanfaatkan sumber daya alam yang ada, karena Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang tinggi dan berpotensi.


Artikel terkait :
Posted by Obat penyakit dari teripang

Manfaat Lidah Buaya

0 komentar:

Poskan Komentar